Shooping And News

Belanja Online | News and Shopping On Line |
Berita Automotive | Handphone|Komputer |
terkini | news and Shopping Online

GM Laris Manis Di China

Monday, January 11, 2010


Di Amerika Serikat, produsen mobil terbesar di sana GM boleh terseok-seok, tapi coba lihat di daratan Asia, China. Dengan catatan penjualan sebanyak 1.826.424 unit tahun 2009, dengan pangsa pasar 13,4 persen, produsen Paman Sam tersebut patut tersenyum.

Catatan tersebut juga mewakili kenaikan 66,9 persen penjualan keseluruhan GM,
dan seperti kita tahu bersama, di China, masih banyak ruang pada pasar yang
tersisa.

"Kami bangga kinerja kita pada tahun 2009," ujar GM China Group President and
Managing Director, Kevin Walecina seperti dikutip justauto, Senin (11/1/2010).


wordpress.com

Invasi GM di pasar otomotif China sendiri diwakili oleh dua perusahaan yakni SAIC-GM-Wuling yang merupakan usaha patungan dengan mitra lokal Shanghai Automotive Industries Corp (SAIC) dan Wuling.

Shanghai GM menjual 27.620 unit, SAIC-GM-Wuling menjual 1.061.213 unit, sementara FAW-GM menjual kendaraan komersial 34.510 dalam empat bulan sejak didirikan pada bulan Agustus.

Belum lagi sumbangan dari perusahaan Shanghai GM yakni perusahaan patungan antara GM dengan SAIC yang di tahun 2009 silam penjualannya naik hingga 63,3 persen menjadi 727.620 unit.

"Penjualan yang meledak. Kami hanya tidak punya mobil yang orang inginkan. Padahal dengan itu, penjualan bisa meningkat lebih cepat," tambahnya.

GM meluncurkan produk-produk seperti Buick LaCrosse dan Regal turbo series, Chevrolet Cruze dan Cadillac SLS dan SRX. Dengan pencapaian tersebut, membuat banyak pihak berharap, GM tentunya bakal lebih kuat ditahun 2010.

Di saat seluruh wilayah mengalami penurunan penjualan, China memang dianggap menjadi surga baru bagi setiap pabrikan mobil, terbukti di China pertumbuhan penjualan di bulan Desember saja melonjak hingga 96,6 persen dari bulan yang sama tahun sebelumnya.

"Meskipun penjualan pada tahun 2009 mencapai rekor, tampaknya seolah-olah (pertumbuhan) di 2010 akan lebih kuat lagi. Industri merasa yakin, dan kami mengharapkan lebih banyak pertumbuhan, walaupun agak lebih lambat," ungkap GM China president Kevin Wale seperti dikutip dari Detroit News.

Manisnya penjualan mobil juga dialami oleh Ford. Penjualan Ford naik hingga 44 persen menjadi 440.000 unit tahun 2009 lalu.

China sendiri berhasil mendongkrak penjualan mobil di negaranya dengan berbagai macam strategi mulai dari pemotongan pajak hingga subsidi bagikendaraan yang
bersih dan lebih hemat bahan bakar.

Karena itulah tidak heran GM kabarnya akan semakin agresif di China. Perusahaan yang pernah menjadi penjual mobil terbanyak di dunia itu rencananya akan mulai masuk ke kota-kota kecil di seluruh belahan China yang saat ini pasarnya masih belum tergarap serius.

China pun kini beralih menjadi pasar mobil terbesar di dunia. Dalam 11 bulan di 2009 saja sudah terjual sekitar 9,23 juta mobil di sana.

Bookmark and Share

0 komentar